Perbedaan Denim dan Jeans

Nama jeans pertama kali datang dari sejenis bahan yang dibuat di Eropa. Nama jeans diambil dari para pelaut Genoa di Italia. Pelaut ini selalu mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan jean. Bahan tersebut terbuat dari katun, linen dan/atau wol. Kemungkinan besar kata ‘jean’ berasal dari bahasa Perancis, bleu de Genes atau celana biru dari Genoa, dan kita kenal hingga sekarang dengan Blue Jeans

Kalau ‘denim’ berasal dari nama bahan asli Perancis bernama Serge de Nimes. Serge artinya sejenis bahan. Nimes adalah nama sebuah kota di Perancis. Namun, di waktu yang bersamaan, dikenal pula sebuah bahan di Perancis bernama “nim”. Keduanya terdiri dari wol.
Popularitas denim di abad ke-18 juga meningkat.

Denim lebih kuat dan lebih mahal dari jeans. Keduanya mungkin serupa tapi perbedaannya hanya satu:

Denim terbuat dari satu jenis & warna benang, sedangkan Jeans adalah hasil tenun dua jenis benang berwarna sama. Namun ada juga yang bilang bahwa ‘denim’ adalah bahannya dan ‘jeans’ adalah produknya.

Pada abad 19, bahan keduanya terbuat dari katun. Warna biru yang biasa dipakai pada denim/jeans terbuat dari hasil olahan suatu tanaman yang bernama Indigo atau Indigovera. Indonesia bahkan disebut-sebut dahulu merupakan salah satu penghasil Indigovera terbesar dunia. Bahan tersebut yang asli harganya sangat mahal, karena itu ditemukanlah indigo sintetik oleh Adolf Von Baeyer pada tahun 1878.

kopi
fotowed
<< >>